Home » » kumpulan Pidato Hari Pahlawan

kumpulan Pidato Hari Pahlawan

Buat adik-adik yang unyu-unyu yang sedang membutuhkan contekan tentang pidato di bawah ada beberapa teks pidato di harapkan hanya sekedar menyontek maknyanya saja alias tidak mengcopy 100% isi dari pidato di bawah ini karena  bisa jadi di antara teman-teman kalian ada yang sama nanti di marahahin pak guru lho... :D



Pidato Tema Hari Pahlawan 1

Assalamualaikum, wr. wb
Saudara-saudara,
Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato berjudul “Hari Pahlawan”.
Pidato ini bertujuan mengingatkan kita bahwa kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme sangat penting dalam mengembangkan negara kita. Tanpa sikap tersebut, maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup.
Saudara – saudara
Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November. Ini adalah refleksi negara kita dalam menghargai sejarah masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan melawan penjajahan. Hari Pahlawan juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah segala sesuatu dikorbankan untuk membangun negara ini.

Hari Pahlawan diambil dari sejarah pertempuran di Surabaya. Itu ketika
orang-orang kita melawan Belanda dan pasukan Sekutu dengan tujuan perjuangan
Kemerdekaan Indonesia. Lebih dari 100.000 orang Indonesia yang terlibat di pertempuran melawan Sekutu yang diperkirakan lebih dari
30.000 tentara. Setidaknya 16.000 orang Indonesia meninggal, sedangkan di pihak musuh hilang
2.000 prajurit. Pertempuran itu merupakan pertempuran terberat dalam revolusi dan
menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia. Dianggap sebagai upaya heroik oleh
Indonesia, pertempuran membantu rakyat kita mendapatkan dukungan internasional untuk
Kemerdekaan Indonesia. Sebagai memori pertempuran, 10 November kemudian
dirayakan setiap tahun sebagai Hari Pahlawan.

Pertempuran di Surabaya adalah salah satu pertempuran yang terjadi di negara kita selama
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengorbankan segalanya, termasuk darah mereka dan kehidupan. Mereka berdedikasi, kepahlawanan mereka, patriotisme dan nasionalisme untuk negara ini.
Ada pepatah: negara besar adalah negara yang menghargai semua pahlawan-nya. Kita
sering mendengar tentang hal itu. Kita tahu bahwa tanpa pengorbanan pahlawan , tidak akan ada negara ini. Kemerdekaan Indonesia tidak diberikan oleh kolonialis tersebut.

Saudara – saudara
Saat ini kita hidup di negara kemerdekaan. Tidak ada lagi pertempuran melawan
penjajah. Tapi, itu tidak berarti bahwa kita berhenti berjuang. Ada banyak jenis
perjuangan yang harus kita lakukan. Berjuang melawan korupsi, kolusi dan nepotisme
adalah beberapa contoh perjuangan. Kita harus tetap semangat kepahlawanan, patriotisme
dan nasionalisme di negara berkembang ini. Itulah cara kita menghargai pahlawan kita.

Saudara-saudara;
Saya pikir itu semua pidato saya. Mari kita terus semangati pahlawan kita, mari kita lanjutkan perjuangan. Terus berjuang … untuk negara kita, untuk masa depan yang lebih baik!
Terima kasih banyak atas perhatian Anda.
Wassalamu’alaikum Wr.wb

Pidato hari pahlawan 2


Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat ibu kepala sekolah atau perwakilannya, yang saya hormati ibu dan bapak guru, yang saya hormati staff tata usaha dan yang saya banggakan teman teman sekalian. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat ALLAH SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayah sehingga kita dapat berkumpul di lapangan ini. Tak lupa junjungan kepada nabi besar Muhammad SAW beserta sahabat-sahabatnya dan pengikutnya hingga akhir hayat
Teman-teman sekalian yang saya banggakan, pada hari ini kita melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka hari pahlawan. Mungkin kita akan bertanya Tanya mengapa hanya tanggal 10 November yang di jadikan hari pahlawan ? karena pada saat itu pahlawan pahlawan kemerdekaan replubik Indonesia sedang melawan belanda di Surabaya. Pahlawan itu adalah bung tomo. Ia pahlawan yang gigih, tegas dan berwibawa. Sejarah pada tanggal 10 november juga adalah waktu ketika bendera belanda di sobek dan di jadikan bendera Indonesia
Teman-teman sekalian yang saya banggkan, pahlawan pahlawan tersebut lah yang menjadi suri tauladan bagi kita sang penerus bangsa. Walaupun globalisasi telah mendunia tetapi budaya Indonesia masih tetap. Yang displin, tekun, sabar, dan selalu mentaati peratuan yang ada. Kita sebagai penerus bangsa harus mengikuti kebajikan kebajikan yang telah di lakukan oleh pahlawan kita, tidak harus dengan mengangkat senjata dan turun ke medan perang. Tetapi untuk tidak bertawuran, karena tawuran bukanlah budaya kita, budaya kita adalah saling menghormati satu sama lain. Tidak juga dengan melompati dinding sekolah, itu bukan budaya kita, budaya kita adalah tertib dan displin.
Teman-teman sekalian yang saya banggakan, waktu demi waktu terus berjalan, dan sudah terasa lama kita merdeka. Tetapi mengapa kita selalu mengikuti budaya penjajah. Indonesia harus bangkit dari penjajah penjajah masa lalu ataupun sekarang yang seperti para koruptor dan lain lain. Kita yakin kan bersama bahwa Indonesia bisa !
Mungkin demikian amanat yang bisa saya sampaikan, kebeneran ada di ALLAH dan kesalahan ada di saya. Mohon maaf bila ada kesalahan-kesalahan kata
wabillahitauqfiq walhidayah, 

Pidato hari pahlawan 3

Assalamualaikum Wr Wb

Selamat pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua,

Yang terhormat, Bapak Kepala Sekolah, yang terhormat, Bapak Kepala suku, Yang terhormat, Bapak Presiden, (Terserah anda,)

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang teleh berkenan memberikan kita rahmatnya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara peringatan hari kemerdekaan ini tanpa ada satu halangan apapun.

Dalam Suasana hari kemerdekaan Indonesia ini, saya ingin menggelorakan semangat kemerdekaan Indonesia yang saya rasa sudah terkikis terlalu banyak di jiwa para pemuda Indonesia.

Kita seluruh bangsa Indonesia masih ingat betapa hebatnya perjuangan-perjuangan pahlawan kita dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, sungguh tidak ternilai jasa mereka.

Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat menghargai jasa pahlawan-pahlawan kita, tetapi yang lebih penting lagi pada saat ini ialah mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan. Mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing untuk menuju kepada cita-cita kemerdekaan yang pada hakikatnya merupakan juga cita-cita luhur para pahlawan yang gugur mendahului kita yakni terbentuknya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.

Marilah kita teruskan semangat para pahlawan kita itu dengan semangat pembangunan. Pembangunan juga merupakan perjuangan yang tak kalah pentingnya dengan perjuangan merebut kemerdekaan . Apakah artinya merdeka jika hidup bertambah sengsara. Kita berusaha tetapi Tuhan yang menentukan. Tetapi ingat saudara-saudara... Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang jika manusia sendiri tidak mau berusaha mengubahnya.

Kemerdekaan yang kita peroleh juga merupakan rahmat dari Tuhan. tetapi jangan diharap tuhan memberikan semua apa yang kita cita-citakan jika kita sendiri tidak mau mengusahakannya.

Sekali lagi, marilah peringatan hari kemerdekaan kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan pahlawan kita, semangat perjuangan yang harus kita wujudkan sebagai semangat pembangunan untuk mengisi kemerdekaan ini.

Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan, Kurang dan lebihnya, saya mohon maaf.

Akhirnya marilah berdoa dan berjuang. Tuhan bersama kita, merdeka.........!!!!

Terima kasih dan assalamu'alaikum wr. wb...

0 komentar:

Posting Komentar

Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. O-Gadget - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger